Gugus Kendali Mutu

Pelatihan Gugus Kendali Mutu

Pelatihan Gugus Kendali Mutu

Sejak tahun 1984, PT Pupuk Kujang telah menerapkan Program Gugus Kendali Mutu. Salah satu tujuan penerapan sistem tersebut sebagai sarana karyawan untuk berperan aktif dalam berinovasi. Tujuan akhir dari Program Gugus Kendali Mutu adalah tercapainya kepuasan pelanggan. Sehingga, perusahaan dapat bersaing di pasar global.

Pengertian dari Sistem Manajemen Mutu adalah suatu sistem manajemen yang dinamis dengan melibatkan seluruh anggota karyawan dalam usaha untuk memelihara, mengembangkan dan meningkatkan mutu di segala bidang sehingga tercapainya kepuasan pelanggan dan kepuasan perusahaan.

Upaya PT Pupuk Kujang untuk menjalankan Sistem Manajemen Mutu dengan pembentukan Gugus Kendali Mutu di masing-masing unit kerja telah mampu menciptakan iklim yang dapat menimbulkan pemikiran-pemikiran kreatif.

Upaya PT Pupuk Kujang untuk menjalankan Sistem Manajemen Mutu dengan pembentukan Gugus Kendali Mutu di masing-masing unit kerja telah mampu menciptakan iklim yang dapat menimbulkan pemikiran-pemikiran kreatif.

Selama dua puluh enam tahun perjalanan manajemen gugus mutu (GKM) di PT Pupuk Kujang, telah banyak upaya yang dilakukan. Baik dalam bentuk penyelenggaraan seminar, pelatihan dan pendidikan audit kegiatan penerapan mutu. Semua itu dilakukan dengan satu tujuan, yakni untuk menarik minat karyawan agar sepenuhnya menyadari bahwa bersiap diri dalam menyongsong keterbukaan di era global.

Program gugus kendali mutu berjalan secara berkala setiap tahunnya dengan jumlah gugus yang terdaftar aktif di tahun 2012 sebanyak 75 gugus dengan jumlah peserta sekitar 450 karyawan.

Secara terus-menerus, PT Pupuk Kujang selalu berperan aktif dalam kegiatan konvensi mutu nasional maupun internasional. Singapura, Malaysia dan juga Jepang adalah salah satu negara tuan rumah konvensi mutu internasional.

Berbagai prestasi telah diraih oleh PT Pupuk Kujang selama keikutsertaan di ajang konvensi mutu nasional maupun internasional. Salah satu yang tertinggi yang pernah diraih oleh perusahaan di Indonesia adalah PT Pupuk Kujang mendapatkan peringkat Platinum dalam ajang konvensi mutu nasional di Makassar tahun 2011 yang diwakili oleh tim GKM OSBL dari Teknik Pemeliharaan Mekanik 1B.

Strategi jangka panjang PT Pupuk Kujang dalam bidang Sumber Daya Manusia adalah menghasilkan SDM unggul yang mampu dijadikan ”Benchmark” bagi perusahaan BUMN lainnya dengan meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Gugus Kendali Mutu.

Melakukan Hal Yang Benar Secara BenarBerpikir Inovatif, Kreatif dan BerkelanjutanMengutamakan Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan
Rate this item
(1 Vote)

stay connected

Anda dapat menghubungi kami melalui email info@pupuk-kujang.co.id, atau berlangganan newsletter dengan menginputkan alamat email anda dibawah ini.

Visitor Counter

Sekarang : 558                    
Kemarin : 885
Bulan Ini : 1874
Bulan Kemarin : 22955
Semua : 191811